Diconic

6 Manfaat Utama Pemetaan Keterampilan untuk Organisasi

  1. Mengidentifikasi Kesenjangan Keterampilan

Pemetaan keterampilan dapat membantu Anda mengidentifikasi keterampilan atau kompetensi yang hilang dari gudang keterampilan organisasi Anda, baik pada tingkat individu, tim, atau perusahaan secara keseluruhan. Keterampilan yang kurang pada karyawan Anda dapat menghambat mereka dari memberikan yang terbaik dalam peran mereka dan mencegah perusahaan mencapai tujuannya. Anda tidak ingin usaha keras Anda sia-sia hanya karena ada beberapa kesenjangan keterampilan yang bisa dengan mudah diatasi melalui pelatihan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui area mana yang memerlukan perbaikan dan dengan cepat membuat rencana pelatihan untuk mengatasinya.

 

  1. Membuat Jalur Karir yang Lebih Efektif

Untuk mencapai tingkat retensi dan kepuasan yang lebih tinggi, karyawan memerlukan tujuan untuk bekerja. Baik itu pertumbuhan dalam peran mereka saat ini atau promosi, mereka perlu tahu ada rencana untuk masa depan mereka. Pemetaan keterampilan dapat memberikan Anda alat untuk mencapainya dengan mengungkapkan tidak hanya kesenjangan dan area yang perlu diperbaiki, tetapi juga kelebihan karyawan. Informasi ini akan sangat berharga untuk membuat jalur pengembangan karier yang dengan jelas menguraikan langkah-langkah yang perlu diambil setiap karyawan untuk memajukan karier mereka sesuai dengan kekuatan dan kelemahan mereka.

 

  1. Memantau Pengembangan Karyawan

Memonitor kinerja karyawan memberikan data berharga kepada departemen L&D tentang strategi pelatihan karyawan. Misalnya, hal itu menyoroti karyawan yang memerlukan pelatihan tambahan, keterampilan yang harus ditambahkan di masa depan, jenis perubahan yang perlu diimplementasikan untuk memaksimalkan efektivitas pelatihan, dan banyak lagi. Anda dapat dengan mudah mengumpulkan data tersebut dengan melakukan pemetaan keterampilan dalam interval waktu tertentu, seperti setiap kuartal atau enam bulan, dan membandingkan hasilnya. Anda juga dapat menggunakan matriks keterampilan sebagai referensi visual saat memberikan umpan balik kepada karyawan Anda untuk membantu mereka lebih memahami langkah-langkah yang perlu mereka ambil ke depan.

 

  1. Meningkatkan Proses Perekrutan

Ketika Anda mengetahui keterampilan dan kompetensi yang tepat yang diperlukan untuk setiap posisi, lebih mudah untuk mencari kandidat yang tepat untuk lowongan pekerjaan. Pemetaan keterampilan dapat mendukung departemen SDM dalam membuat daftar pekerjaan yang jauh lebih tepat, serta memeriksa CV dengan lebih cepat dan efisien. Pada akhirnya, pemetaan keterampilan tidak hanya mempermudah proses perekrutan tetapi juga secara signifikan meningkatkan peluang kesuksesannya. Merekrut orang dengan keterampilan yang tepat mengurangi kebutuhan pelatihan yang intens selama onboarding dan mengurangi biaya keseluruhan yang terkait dengan rekrutmen.

 

  1. Mencapai Alokasi Sumber Daya yang Efektif

Sebagian besar dari menjadi pemimpin yang baik adalah tahu bagaimana mencocokkan staf dengan peran yang tepat. Pemetaan keterampilan akan memberikan Anda akses kepada kemampuan masing-masing karyawan sehingga Anda dapat menugaskan mereka tugas atau proyek yang tepat dan mengurangi kesalahan. Selain itu, Anda akan dapat membuat tim dengan keterampilan yang melengkapi, sehingga meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Pemetaan keterampilan juga dapat menyoroti calon pengganti untuk peran penting dalam organisasi. Dengan bersikap proaktif, Anda dapat memastikan bahwa transisi akan berjalan lancar saat tiba waktunya seseorang untuk meninggalkan organisasi.

 

  1. Mendorong Keterlibatan dan Kepuasan Karyawan

Seperti yang telah kita sebutkan sebelumnya, pemetaan keterampilan adalah alat berharga untuk meningkatkan moral karyawan. Pertama, itu membuat karyawan tetap tertarik pada basis harian, karena mencocokkan mereka dengan peran yang paling sesuai dengan pengetahuan dan keterampilan mereka. Selain itu, dengan mengidentifikasi kebutuhan belajar staf Anda dan menyelaraskannya dengan tujuan mereka untuk masa depan, Anda dapat membuat peluang Pembelajaran dan Pengembangan yang sempurna untuk menyesuaikan celah pengetahuan mereka, tidak membuang waktu dalam membuat mereka lebih efisien dalam peran mereka. Secara keseluruhan, pemetaan keterampilan dapat menciptakan lingkungan kerja yang mendukung yang membuat karyawan merasa dihargai dan didukung oleh organisasi mereka.

 

Menjalankan bisnis yang sukses berarti memanfaatkan sumber daya manusia Anda dengan cara terbaik. Dan untuk mencapai itu, Anda perlu mengetahui kekuatan dan kelemahan setiap orang serta mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk membantu mereka berkembang. Dalam artikel ini, kami membahas pemetaan keterampilan, alat yang paling efektif untuk membantu Anda mengidentifikasi keterampilan dan kompetensi yang diperlukan dalam organisasi Anda dan membandingkannya dengan yang sudah ada. Proses ini mengungkapkan semua tindakan yang perlu Anda ambil untuk mengoptimalkan strategi pelatihan karyawan perusahaan Anda dan meningkatkan efisiensi dan keterlibatan karyawan.