Diconic

Success Stories

Kisah sukses dari client yang telah kami bantu.

PT. P adalah perusahaan minyak terbesar di Indonesia yang telah beroperasi lebih dari 60 tahun dan telah memiliki mitra yang tersebar di seluruh negeri. P memiliki kendala untuk memberikan training ke seluruh karyawan mitra khususnya pada area implementasi Standard Operating Procedure (SOP). Pentingnya untuk mempraktikan SOP yang sama di seluruh merchant dapat menjaga kualitas mutu produk dan citra brand di masyarakat.

Luasnya wilayah operasi P berpengaruh pada pemerataan akses training ke seluruh peserta, butuh setidaknya 10 tahun lebih agar semua peserta diberi training. Tentunya, bisnis tidak dapat menunggu selama itu. PT. P akhirnya memutuskan untuk bekerja sama dengan Diconic dalam pengembangan e-learning khususnya pengembangan LMS dan pengembangan konten e-learning.

Kini, seluruh karyawan mitra P yang beroperasi di merchant dapat mengakses e-learning melalui smartphone dengan konten-konten terkini dan berita update dari pusat, kapan saja. Beberapa materi dibuat dengan strategi Virtual Reality untuk lebih memahami SOP pengisian bahan bakar dan simulasi area kerja di merchant.

Dari implementasi ini, PT. P telah berhasil membangun database peserta e-learning sejumlah 175.000 orang yang terus bertambah setiap periode dan dapat dipantau progress belajarnya melalui LMS. Setidaknya ada 3000an peserta yang berpartisipasi dalam 1 batch training, mereka memperoleh sertifikat di akhir training dan berhak untuk mendapatkan reward berupa uang saku, jika memperoleh skor terbaik.

PT. W adalah perusahaan BUMN di sektor konstruksi yang telah beroperasi selama 62 tahun di Indonesia. Area kerja PT. W tersebar di seluruh Indonesia dan luar negeri. Selayaknya organisasi yang terstruktur dengan baik, adanya keperluan dari PT. W untuk membuat sistem training karyawan yang sesuai dengan posisi hierarki jabatan peserta di dalam perusahaan dan perlunya sistem approval berjenjang bagi peserta untuk dinyatakan layak mengikuti training.

PT. W mempercayakan Diconic untuk pengembangan aplikasi LMS pada tahun 2019, dari proyek ini dikembangkan aplikasi LMS yang mampu memfasilitasi approval berjenjang dengan undangan resmi kepada peserta dalam bentuk surat tugas yang langsung di approve oleh atasan terkait. Seluruh peserta dapat login cukup dengan 1 akun karena adanya fitur Single Sign On (SSO), dimana jumlah peserta yang telah mendapatkan training sejumlah 8800 peserta di seluruh Indonesia. Peserta akan mendapatkan notifikasi training yang dikirim langsung melalui Whatsapp.

Manfaat langsung yang diterima PT. W adalah penjadwalan meeting yang teratur dan tidak bentrok dengan divisi lain. Nuansa online campus pun lebih terasa dengan partisipasi peserta pada kolom diskusi dan riwayat training peserta terekam dalam sistem HCIS yang dapat berkontribusi pada promosi pangkat peserta. Sertifikat training peserta dapat diuji keabsahannya dengan QR Code yang disahkan langsung oleh pejabat terkait. Seluruh training di PT. W dapat diakses melalui perangkat mobile, kapan saja dan dimana saja.

MLI adalah perusahaan asuransi swasta yang bekerja dengan tim sales dan agen di seluruh Indonesia. MLI perlu memberikan training kepada sales dan agen agar dapat menjelaskan produk asuransi yang ditawarkan kepada klien dengan baik dan mudah dipahami. Kondisi pandemi menjadi penghalang untuk kegiatan training dan kebutuhan akan asuransi meningkat dalam situasi ini.

Training yang semula dilaksanakan di dalam kelas, kini diubah menjadi online training dengan video conferencing dan online module yang mudah diakses kapan saja oleh peserta. Oleh karena itu, diperlukan aplikasi mobile yang memudahkan peserta untuk belajar secara online. MLI bekerja sama dengan Diconic untuk mengembangkan aplikasi yang diberi nama sesuai dengan brand perusahaan tersebut. Dari pengembangan ini, peserta dapat lebih mudah mengakses training dan selalu diingatkan dengan fitur notifikasi, serta progress belajar dapat dipantau oleh administrator. Agen jadi lebih mudah dihubungi serta jadwal meeting peserta menjadi lebih teratur.

Kondisi sanitasi lingkungan di Indonesia perlu mendapatkan perhatian lebih dan pemerataan aksesnya di seluruh wilayah negeri. UD merupakan lembaga nirlaba dari Amerika yang fokus pada peningkatan kualitas hidup dan lingkungan yang lebih baik lagi. Terdapat pusat sanitasi dan pengelolaan limbah rumah tangga di beberapa wilayah yang dikelola oleh operator, akan tetapi tidak dijalankan dengan SOP yang jelas. Perlunya akses training bagi operator agar mampu menjalankan tugasnya dengan lebih baik lagi, akan tetapi terbatasnya tenaga pengajar dan ketersediaan fasilitas training menjadi kendala bagi para operator untuk menguasai bidang pekerjaannya.

Tim UD bekerja sama dengan Kementerian memerlukan adanya fasilitas training online yang mampu menggambarkan secara detail prosedur pengoperasian alat-alat sanitasi dan konsep bangunan pusat pengelolaan limbah agar peserta dapat lebih mudah memahami peroperasian peralatan tersebut. Tim UD bekerja sama dengan Diconic menyiapkan platform LMS dan konten untuk memfasilitasi kebutuhan tersebut. Pengembangan dilakukan secara intensif selama 3 bulan dan dibuat materi pembelajaran dengan strategi simulasi animasi 3 Dimensi agar peserta mendapatkan gambaran konkret dari cara pengoperasian di balai sanitasi setempat. Semua materi dapat diakses melalui desktop dan mobile untuk memudahkan peserta mengakses materi training.

AC adalah organisasi nirlaba yang beroperasi di negara-negara Asia Tenggara (ASEAN), fokus kegiatan AC adalah pada pengelolaan bantuan bencana di negara terdampak. AC bekerja sama dengan pemerintah setempat ketika sebuah bencana terjadi dengan mitra-mitra yang bekerja di wilayah tersebut dan perlu mendapatkan training terkait pemahaman organisasi dan prosedur permohonan dan pengelolaan bencana di wilayah terdampak.

Beberapa negara di ASEAN belum memiliki fasilitas internet se memadai di Indonesia. Koneksi internet seringkali menjadi tantangan untuk wilayah terpencil yang berakibat mitra tidak dapat mengakses materi training. AC bekerja sama dengan Diconic untuk membuat konten training yang ringan dan mudah diakses peserta sekalipun dengan koneksi internet yang terbatas, supaya dapat diakses oleh semua peserta di semua wilayah. Dari pekerjaan ini dibuat konten-konten belajar yang fokus pada pengembangan keterampilan peserta pada area:

  1. Organizational History and Culture
  2. Standard Operating Procedure
  3. Application Simulation

Halo! Jangan di skip ya! Ini adalah contoh module gamifikasi yang dibuat oleh tim Diconic. Yuk cobain gamenya sekarang. Gratis! hei