ANALISA KEBUTUHAN ELEARNING ANDA

Apakah perusahaan Anda membutuhkan elearning? Jika iya, apakah Anda telah mengetahui kebutuhan elearning yang seperti apa? Elearning sendiri sangat banyak sekali bentuknya. Untuk menganalis elearning seperti apa yang diinginkan, terlebih dahulu mari kita pahami mengani pembagian mengenai kebutuhan elearning secara umum.

Dalam buku yang berjudul “Elearning Teori dan Aplikasi’ yang ditulis oleh Dian Wahyuningsih, M.Pd dan Rakhmat Makmur” menjelaskan bahwa implementasi elearning berdasarkan kebutuhannya terbagi menjadi tiga yaitu:

  1. Pertama, Elearning memiliki fungsi sebagai supplement pada dimensi bentuk kegiatan belajar apabila digunakan sebagai tambahan bagi pembelajaran tatap muka. Dimana metode tatap muka masih mejadi bentuk utama dari kegiatan pembelajaran secara keseluruhan dan elearning digunakan untuk memperkaya pengalaman belajar tersebut. Penggunaan elearning ini terintegrasi didalam pembelajaran tatap muka yang biasanya disebut pembelajaran difasilitasi web.
  2. Kedua, elearning berfungsi sebagai complement pada dimensi bentuk kegiatan belajar apabila digunakan untuk melengkapi pembelajaran tatap muka. Proporsi penggunaan elearning dengan pembelajaran tatap muka dapat seimbang yang biasanya disebut sebagai blended/hybrid learning. karena pada dasarnya baik elearning maupun pembelajaran tatap muka memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri, sehingga dapat saling melengkapi.
  3. Ketiga, elearning berfungsi sebagai replacement pada dimensi bentuk kegiatan belajar apabila digunakan sebagai pengganti pembelajaran tatap muka. Tujuannya untuk membantu peserta didik mengelola kegiatan pembelajaran sehingga dapat menyesuaikan dengan waktu dan aktivitas lainnya yang memiliki prioritas dan sama pentingnya.

 

Nah, setelah Anda menentukan kebutuhan elearning diatas, selanjutnya Anda tentukan konsep elearning apa yang Anda inginkan? Tentunya setelah Anda mempunyai sistem sebagai wadah untuk menyimpan elearning tersebut, yang dikenal dengan sebutan LMS (Learning Management System).

Seperti apakah bentuk elearning yang anda butuhkan?

  1. Real Video Shooting, yaitu tampilan dalam elearning Anda merupakan penjelasan langsung dari SME (Subject Matter Expert), output elearning dalam bentuk video.
  2. Animasi Video, yaitu video animasi yang mewakili SME untuk menyampaikan materi dengan berbagai konsep pembelajaran yang relevan dengan materi yang ingin disampaikan.
  3. Campuran, yaitu dengan menggabungkan video real dengan animasi.

Semua pilihan bergantung kepada Anda. Kami sebagai vendor siap melayani  setiap kebutuhan Anda. Selanjutnya, tentukan mengenai strategi apa yang tepat serta dapat mendukung tercapai tujuan dari diaksesnya elearning tersebut. Berikut beberapa strategi penyampaian yang digunakan dalam elearning:

  1. Storytelling
  2. Scenario Base
  3. Guided Learning
  4. Case Study
  5. Learning through Exploration and discovery (LEAD)

Diconic siap menyesuaikan beberapa strategi diatas dengan materi yang akan disampaikan.